Kamis, 21 Agustus 2014

Pervasive/Ubiquitous Computing
Pervasive/Ubiquitous Computing adalah suatu lingkungan dimana sejumlah teknologi (terutama teknologi komputer) digunakan dan menyatu di dalam objek dan aktivitas manusia, sehingga di manapun kita berada kita bisa memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.”
Dapat pula dikatakan pervasive computing adalah model pasca-desktop interaksi manusia-komputer yang memproses informasi telah sepenuhnya terintegrasi menjadiobyek sehari-hari dan aktivitas.Dalam program kegiatan biasa, seseorang “menggunakan” komputasi di mana-mana melibatkan perangkat komputasi dan sistem secara bersamaan banyak, dan belum tentu bahkan tidak sadar bahwa mereka melakukannya.Model ini dianggap sebagai kemajuan dari paradigma desktop yang lebih tua.Lebih formal, komputasi di mana-mana didefinisikan sebagai “mesin yang sesuai dengan lingkungan manusia bukannya memaksa manusia untuk masuk mereka.”
Paradigma ini juga digambarkan sebagai komputasi luas, kecerdasan ambient, atau, baru-baru ini, everyware, di mana setiap istilah menekankan aspek yang sedikit berbeda.Ketika terutama tentang obyek yang terlibat, juga komputasi fisik, Internet of Things, komputasi haptic, dan hal-hal yang berpikir.Daripada mengajukan definisi yang tunggal untuk komputasi di mana-mana dan untuk istilah-istilah terkait, sebuah taksonomi properti untuk komputasi di mana-mana telah diusulkan, dari mana berbagai jenis atau rasa sistem di mana-mana dan aplikasi dapat dijelaskan.
Inti konsep
Pada intinya, semua model komputasi di mana-mana saham visi kecil, murah, perangkat pengolahan jaringan yang kuat, didistribusikan di semua skala sepanjang kehidupan sehari-hari dan umumnya berbalik jelas ujung-tempat umum.Sebagai contoh, sebuah lingkungan komputasi domestik di mana-mana mungkin interkoneksi pencahayaan dan kontrol lingkungan dengan monitor biometrik pribadi ditenun menjadi pakaian sehingga pencahayaan dan pemanasan kondisi di ruang mungkin termodulasi, terus menerus dan tanpa terasa. Skenario lain yang umum berhipotesa kulkas “sadar” isinya sesuai tagged, mampu baik rencana berbagai menu dari makanan benar-benar di tangan, dan memperingatkan pengguna makanan basi atau rusak.
Mana-mana komputasi menyajikan tantangan di ilmu komputer: dalam desain sistem dan rekayasa, dalam pemodelan sistem, dan desain antarmuka pengguna. Kontemporer manusia-komputer model interaksi, apakah perintah-line, menu-driven, atau GUI berbasis, tidak sesuai dan tidak memadai untuk kasus di mana-mana.Ini menunjukkan bahwa “alam” paradigma interaksi yang tepat untuk komputasi di mana-mana penuh kuat belum muncul – walaupun ada juga pengakuan di lapangan bahwa dalam banyak hal kita sudah hidup dalam dunia ubicomp.Perangkat kontemporer yang memberikan dukungan beberapa ide yang terakhir termasuk ponsel, pemutar audio digital, frekuensi radio tag identifikasi, GPS, dan papan tulis interaktif.

 

 Open Source
Open Source adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.
Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik.Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.

 


New Economy
New Economy merupakan istilah yang dipakai untuk menggambarkan transisi dari ekonomi berbasis manufaktur ke ekonomi berbasis layanan. Istilah New Economy cukup populer ketika terjadi Dot-Com bubble (gelembung teknologi informasi) pada akhir 1990. Periode ini ditandai dengan pertumbuhan yang tinggi, inflasi yang rendah, lapangan pekerjaan yang cukup tinggi.

 

Komputasi awan 
Komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud)dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service),  sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet ("di dalam awan").Tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya. Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing "Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain."
Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah webdengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud

 

Comapping
Comapping adalah yang terbaik secara online kolaboratif alat pemetaan pikiran untuk perencanaan proses bisnis dan kelompok proyek manajemen.



Dropbox
Dropbox adalah layanan penyedia data berbasis web yang dioperasikan oleh Dropbox, Inc. Dropbox menggunakan sistem penyimpanan berjaringan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi data serta berkas dengan pengguna lain diinternet menggunakan sinkronisasi data. Dropbox didirikan pada tahun 2007 oleh lulusan Massachusetts Institute of Technology (MIT) Drew Houston dan Arash Ferdowsi dengan modal awal yang didapat dari Y Combinator.
Dropbox menyediakan layanan baik gratis ataupun berbayar, masing-masing dengan keuntungan yang bervariasi. Pada tahun 2011 Dropbox juga meluncurkan "Dropbox for Teams", sebuah layanan dari Dropbox yang dikhususkan untuk kelompok bisnis atau kelompok lainnya yang membutuhkan layanan untuk mengendalikan administrasi, tagihan yang terpusat, dan lain sebagainya."Dropbox for Teams" tetap tersedia di situs web, namun harga yang ditawarkan berbeda dengan layanan Dropbox lainnya.
Bila dibandingkan dengan layanan serupa lainnya, Dropbox menawarkan jumlah pengguna yang relatif besar, dengan penggunaansistem operasi yang bervariasi, baik untuk perangkat mobile ataupun desktop.Terdapat berbagai versi untuk berbagai sistem operasi, termasuk untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux (resmi atau tidak resmi). Dan tersedia juga berbagai versi untuk perangkat mobile, diantaranya Android, Windows Phone 7, iPhone, iPad, WebOS, dan Blackberry, dan klien yang berbasis web. Dropbox menggunakan model finansial Freemium, dan layanan gratisnya menyediakan 2 GB penyimpanan online gratis. Para pengguna yang menyarankan Dropbox ke orang lain bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan hingga 8 GB. Kompetitor utama dari Dropbox antara lain, Box.net, FilesAnywhere, CloudMe, CrashPlan, Egnyte, iCloud, Mozy, SpiderOak, SugarSync, TitanFile, Ubuntu One, Windows Live SkyDrive, Wuala dan ZumoDrive.


Mendeley
Mendeley adalah program desktop dan web untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian, menemukan data penelitian dan berkolaborasi secara online.Ini menggabungkan Mendeley Desktop, PDF dan manajemen referensi aplikasi (tersedia untuk Windows, OS X dan Linux) dengan Mendeley Web, jaringan sosial online bagi para peneliti.Pada tanggal 23 September 2013, Mendeley mengumumkan iPhone dan iPad apps yang bebas untuk menginstal.

Mendeley mengharuskan pengguna untuk menyimpan semua data kutipan dasar pada server-nya menyimpan salinan dokumen pada kebijaksanaan pengguna.Setelah pendaftaran, Mendeley menyediakan pengguna dengan 2 GB ruang penyimpanan web gratis, yang upgradeable dengan biaya.


Salesforce.com
Salesforce.com Inc adalah perusahaan komputasi awan global yang berkantor pusat di San Francisco, California. Meskipun terkenal karena produk manajemen hubungan pelanggan (CRM), Salesforce juga telah diperluas ke "arena perusahaan sosial" melalui akuisisi. Saat ini peringkat perusahaan paling inovatif di Amerika oleh majalah Forbes, serta nomor 7 di 100 Perusahaan Terbaik versi majalah Fortune untuk Bekerja pada tahun 2014.


Google Engine
Google Engine merupakan platform yang memungkinkan pengembang untuk membuat dan menjalankan aplikasi-aplikasi web dengan fasilitashosting di server Google.Versi gratis dari platform ini memiliki kapasitas penyimpanan 500 MB dan kapasitas CPU dan lebar pita (bandwidth) yang cukup untuk 5 juta page-view setiap bulannya.
Saat diluncurkan, bahasa pemrograman yang mendukung adalah Python.Versi terbatas dari web framework Django juga tersedia. Demikian halnya dengan framework aplikasi Google yang fungsinya sama dengan JSP atau ASP.NET.
Google App Engine mendukung aplikasi yang ditulis dalam bahasa pemrogaman. Dengan lingkungan runtime Java App Engine, pengguna dapat membangun aplikasi yang menggunakan standar teknologi Java, termasuk JVM, Java servlet, dan bahasa pemrograman Java atau bahasa lainnya menggunakan JVM-based atau compiler, sepertiJavaScript atau Ruby. App Engine juga menyediakan lingkungan runtime khusus Python, yang mencakup bahasa Python dan perpustakaan standar (standard library) Python. Java dan lingkungan runtime Python dibangun untuk memastikan bahwa aplikasi yang dibangun dapat berjalan cepat, aman, dan tanpa gangguan dari aplikasi lain pada sistem.



Amazon Elastic Compute Cloud (EC2)
Amazon Elastic Compute Cloud (EC2) adalah bagian tengah platform Amazon.com cloud computing, Amazon Web Services (AWS).EC2 memungkinkan pengguna untuk menyewa komputer virtual di mana untuk menjalankan aplikasi komputer mereka sendiri. EC2 memungkinkan penyebaran scalable aplikasi dengan menyediakan layanan web di mana pengguna dapat boot Mesin Amazon Image untuk membuat mesin virtual, yang Amazon menyebut sebuah "contoh", yang berisi perangkat lunak yang diinginkan. Seorang pengguna dapat membuat, peluncuran, dan mengakhiri kasus server yang diperlukan, membayar per jam untuk server aktif, maka timbullah isitilah "elastis".EC2 menyediakan pengguna dengan kontrol atas lokasi geografis contoh yang memungkinkan untuk optimasi latency dan tingkat tinggi redundansi.



Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan daring milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012.  Layanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan. Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 5 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu. Dengan fitur unggulan yang sama seperti Dropbox, yaitu sinkronisasi data melalui folder khusus di dalam desktop atau lebih dikenal dengan Desktop Sync Clients. GDrive memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB dan tentunya fitur-fitur yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti: Gmail, G+ dan Google Search. Fitur yang bisa digaris bawahi dari GDrive adalah API’s untuk para Developer.Hingga kini GDrive telah terhubung dengan puluhan aplikasi pihak ketiga.



    

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk, biasa disingkat Telkom Indonesia atau hanya Telkom, adalah perusahaan jasa telekomunikasi terbesar di Indonesia. Telkom merupakan, perusahaan mayoritas milik negara semi-privatisasi terdaftar di beberapa bursa.

Telkom Indonesia adalah unit bisnis telekomunikasi terutama di jaringan tetap telepon, internet dan komunikasi data. Itu juga merupakan perusahaan induk dari Telkom Group, yang bergerak dalam berbagai bisnis yang terdiri dari telekomunikasi, multimedia, properti dan keuangan layanan. Sejak 2008, Telkom Indonesia mulai mengubah fokus bisnis, infrastruktur, sistem, organisasi dan sumber daya manusia yang, serta budaya perusahaan, sebagai upaya mereka menghadapi meningkatnya persaingan.

Sejak Privatisasi ini pada tahun 1995, Telkom Indonesia memiliki total gabungan sekitar 129.800.000 pelanggan di akhir Desember 2011 meningkat sebesar 7,8% dari tahun 2010, membuat perusahaan terbesar bangsa penyedia layanan telekomunikasi oleh pelanggan.

Pada Desember 2011, PT Telkom telah mengumumkan bahwa perusahaan berencana untuk memberikan program pensiun dini untuk 4.000 karyawannya mulai tahun 2012 selama tiga tahun ke depan dan diatur ke sekitar 15.000 karyawan hanya pada tahun 2015.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar